Pedoman

portfolio

PROFIL RISIKO DAN POLA PENANGANAN RISIKO INVESTASI INFRASTRUKTUR OLEH PEMERINTAH DAERAH

Sumber DataDirektorat Bina Investasi Infrastruktur, Ditjen Bina Konstruksi
Dokumen 8 KB
Deskripsi
Kajian ini menghasilkan profil risiko investasi di regional Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Papua. Selain itu juga dihasilkan pola mitigasi risiko investasi.
portfolio

Pedoman Penjaminan Infrastruktur dalam Pelaksanaan KPBU bidang PUPR

Sumber DataDitjen Bina Konstruksi, 2017
Dokumen 6.31 MB
Deskripsi
Buku pedoman ini menyajikan informasi tentang ruang lingkup proses dan mekanisme penjaminan terhadap proyek infrastruktur dengan skema KPBU Bidang PUPR yang dihimpun dari berbagai sumber, baik dari unit kerja di lingkungan Kementerian PUPR maupun dari Kementerian/Lembaga terkait.
portfolio

Prinsip Dasar dan Kelembagaan Penerapan KPBU Bidang PUPR

Sumber DataDitjen Bina Konstruksi, 2017
Dokumen 9.52 MB
Deskripsi
Buku pedoman ini menyajikan informasi tentang ruang lingkup prinsip dasar dan kelembagaan penerapan KPBU bidang PUPR yang dihimpun dari berbagai sumber, baik dari unit kerja di lingkungan Kementerian PUPR maupun dari K/L terkait.
portfolio

Pedoman Pelaksanaan KPBU dengan Mekanisme Pembayaran Ketersedian Layanan (Availability Payment) Bidang PUPR

Sumber DataDitjen Bina Konstruksi, 2017
Dokumen 3.44 MB
Deskripsi
Buku pedoman ini menyajikan informasi tentang ruang lingkup dan konsepsi Availability Payment (AP), prosedur perencanaan, penyiapan, transaksi dan pembayaran KPBU skema AP bidang PUPR baik di Pusat maupun di Daerah. Penerapan skema AP untuk penyediaan infrastruktur ini dinilai dapat meningkatkan efisensi dan optimalisasi dana APBN/APBD dalam mendanai program-program Pemerintah lainnya tanpa harus mengurangi porsi belanja infrastruktur.
portfolio

Proyek KPBU Infrastruktur Air Bersih di Indonesia

Sumber DataBPPSPAM, 2017
Dokumen 4.44 MB
Deskripsi

Buku ini memberikan informasi tentang implementasi KPBU di sektor air minum, apa saja regulasi yang perlu diperhatikan serta proyek-proyek dalam tahapan pengembangan.

portfolio

Potensi Investasi Infrastruktur Tahun 2017

Sumber DataDitjen Bina Konstruksi, 2017
Dokumen 13.89 MB
Deskripsi

Buku ini dimaksudkan untuk memperkaya khasanah informasi masyarakat industri konstruksi Indonesia tentang konsepsi, praktik pengembangan investasi infrastruktur sektor PUPR

portfolio

Pedoman Pola Pembiayaan dan Optimalisasi Pemanfaatan BMN Bidang PUPR

Sumber DataDitjen BIna Konstruksi, 2017
Dokumen 7.87 MB
Deskripsi

Pedoman ini memberikan informasi tentang pola pembiayaan dan optimalisasi pemanfaatan BMN bidang PUPR

portfolio

Dokumen Prakualifikasi Lelang Pengusahaan Jalan Tol

Sumber DataBPJT, 2017
Dokumen 132.16 KB
Deskripsi
Pedoman isian prakualifikasi ini merupakan panduan bagi peminat pengusahaan jalan tol untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti pelelangan pengusahaan jalan tol
portfolio

Pedoman Supervisi Teknis Pelaksanaan KPBU Bidang SPAM

Sumber DataDitjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR
Dokumen 7.22 MB
Deskripsi
Dalam bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), penyelenggaraan layanan umum dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dalam penyelenggaraan tersebut, BUMD dapat bekerjasama dengan Badan Usaha swasta melalui skema Business-to-Business ataupun skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kerjasama ini tentunya ditujukan untuk efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan layanan umum air minum. Pada dua skema tersebut, Badan Usaha swasta akan mau terlibat apabila proyek tersebut menawarkan kelayakan yang memadai. Namun apabila kelayakan tersebut tidak mencukupi, maka Dukungan Pemerintah diperlukan. Berdasarkan regulasi yang berlaku, kerjasama yang membutuhkan Dukungan Pemerintah akan dilakukan melalui skema KPBU.
portfolio

Pedoman Layanan Konsultasi Investasi Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Berbasis Web

Sumber DataDirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR
Dokumen 913.11 KB
Deskripsi
Buku Pedoman Layanan Konsultasi Investasi Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Berbasis Web ini disusun agar pengelolaan layanan informasi investasi infrastruktur PUPR dilakukan secara akuntabel, transparan, efektif dan efisien. Dalam buku pedoman ini dijelaskan mengenai standar masukan dalam setiap tahapan layanan informasi investasi inrastruktur, standar prosedur operasional pelaksanaan tahapan layanan informasi investasi infrastruktu dan standar keluaran bagi pengelolaan layanan informasi investasi infrastruktur.