Jalan Tol Semarang - Demak

project

PJPKMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan BPJT sebagai penerima kuasa PJPK
Estimasi InvestasiRp. 6.8 Triliun
Estimasi Periode35 tahun
LokasiSemarang - Demak, Jawa Tengah
Status ProyekPre Qualification (PQ)
Skema InvestasiBOT
F IRRCurrently Reviewed
Panjang27 km
Sumber DataBPJT,2017

Latar Belakang

Infrastruktur jalan merupakan salah satu faktor utama bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Jalan Tol, sebagai bagian dari infrastruktur Jalan, digunakan sebagai akselerator di sekitar pemangku kepentingan yang menjalankan pembangunan ekonomi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Cq. Otoritas Jalan Tol Indonesia berencana mempercepat pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak yang akan mempercepat pembangunan ekonomi Jawa Tengah.

Tujuan

Perusahaan KPS bertanggung jawab untuk melaksanakan proyek jalan tol, termasuk pembiayaan, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan selama masa konsesi.

Lingkup Proyek

Tujuan Tol Semarang-Demak adalah sebagai berikut:

  • Untuk menunjang arus lalu lintas Tumbuh di Jalan Semarang - Demak Untuk
  • Mendukung pengembangan sektor pariwisata di Semarang sampai Demak
  • Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Semarang sampai Demak.


Spesifikasi

Proyek Propose akan menghubungkan Semarang (Ibukota Provinsi Jawa Tengah) - Demak (Kota Pariwisata). Proyek ini memiliki volume lalu lintas yang tinggi. Proyek ini dikembangkan untuk mengakomodasi pengembangan lebih lanjut Semarang dan Demak yang keduanya memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Jalan tol sepanjang 25,25 Km, menuju Semarang menuju Demak. Di sepanjang jalan ini, kolam ikan, sawah, perkebunan, perumahan dan kawasan industri ditemukan. Ini akan melintasi dua kota di Jawa Tengah: Semarang dan Demak. Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, yang berkembang dengan baik dengan barang industri dan perdagangan. Di sisi lain, Demak adalah daerah yang kaya dengan sumber daya alamnya. Spesifikasi teknis untuk Jalan Tol Semarang - Demak adalah sebagai berikut :

Skema InvestasiBOT
Sumber Pengembalian InvestasiPembayaran oleh Pemerintah
Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL)
Pemeriksaan lingkungan awal mengidentifikasi potensi dampak yang dapat terjadi akibat pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak. Dokumen analisis analisis Dampak Lingkungan (ANDAL) telah dilakukan dan laporan dibuat secara terpisah.

Rencana Aksi Pembebasan Lahan dan Pemukiman Kembali
Informasi yang terkait dengan pembebasan lahan dan pemukiman kembali direncanakan akan diberikan dalam penelitian selanjutnya.

Struktur Proyek

Pengadaan lahan akan dilakukan oleh Pemerintah sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Lahan Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Publik

Ikuti Perkembangan Proyek Ini

Dapatkan informasi perkembangan proyek "Jalan Tol Semarang - Demak" dengan mengisi data berikut ini. Kami akan menyampaikan informasinya melalui email anda.