Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi

project

PJPKMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan BPJT sebagai penerima kuasa PJPK
Estimasi InvestasiRp. 21.72 Triliun
Estimasi Periode45 tahun
LokasiProbolinggo - Banyuwangi, Jawa Timur
Status ProyekFinancial Close Financial Close (FC)
Skema InvestasiBOT
F IRRCurrently Reviewed
Panjang172.91 km
Sumber DataBPJT,2017

Latar Belakang

Jalan Tol  Probolinggo - Banyuwangi akan menghubungkan tiga kota di Provinsi Jawa Timur, seperti Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. Jalan Tol akan meningkatkan potensi masing-masing kota: Probolinggo (industri dan pertanian), Situbondo (Sumber Daya Alam) dan Banyuwangi (Lokasi Strategis, menghubungkan Jawa dan Bali).

Tujuan

Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Pulau Jawa dari Merak ke Banyuwangi (1187,59 Km). Pembangunan ini akan mendukung peningkatan pergerakan orang dan barang antar dua kota dan sekitarnya. Selanjutnya, akan memberi manfaat pada pengurangan biaya logistik dan waktu tempuh.

Lingkup Proyek

Proyek ini diharapkan dapat memainkan bagian integral dari Sistem Jalan Jawa Timur. Panjangnya 172 km yang menghubungkan Probolinggo dan Banyuwangi, melintasi tiga kabupaten di Jawa Timur termasuk Kabupaten Situbondo. Setiap kabupaten memiliki potensi sumber daya yang berbeda yang masih harus dikembangkan. Perusahaan KPS bertanggung jawab untuk melaksanakan proyek jalan tol, termasuk pembiayaan, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan selama masa konsesi.

Spesifikasi

Spesifikasi teknis Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi adalah sebagai berikut:


Struktur Proyek

Skema InvestasiBOT
Sumber Pengembalian InvestasiPembayaran oleh Pemanfaat
Temuan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL)
Pemeriksaan lingkungan awal mengidentifikasi potensi dampak yang dapat terjadi akibat pembangunan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi. Dokumen analisis analisis Dampak Lingkungan (ANDAL) telah dilakukan dan laporan dibuat secara terpisah.

Rencana Aksi Pembebasan Lahan dan Pemukiman
Informasi yang terkait dengan pembebasan lahan dan pemukiman kembali direncanakan akan diberikan dalam penelitian selanjutnya.
Pengadaan lahan akan dilakukan oleh Pemerintah sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Lahan Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Publik

Ikuti Perkembangan Proyek Ini

Dapatkan informasi perkembangan proyek "Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi" dengan mengisi data berikut ini. Kami akan menyampaikan informasinya melalui email anda.